Potensi Besar Azolla Sebagai Pakan Organik Peternakan

Azolla memiliki potensi besar sebagai pakan ternak karena memiliki kadar protein yang tinggi, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12, Beta Carotene), serta mineral yang memadai. Kemampuan Azolla untuk berkembang biak sangat cepat sehingga dapat diandalkan dalam mencukupi kebutuhan pakan ternak. Ini telah digunakan selama bertahun-tahun di seluruh Asia dan sebagian Afrika untuk memberi makan babi, bebek, ayam, sapi, ikan, domba, kambing dan kelinci.

Oleh karena itu, komposisi Azolla yang menjadikannya salah satu pengganti pakan yang paling ekonomis dan efisien untuk ternak, terutama karena dapat dengan mudah dicerna oleh ternak karena proteinnya yang tinggi dan kadar lignin yang rendah .

Azolla Sebagai Pakan Ternak Sapi
Pakan ternak merupakan syarat penting untuk ternak. Hanya saja jika hewan diberi makan dengan pakan komersial dari pasar maka akan menambah biaya pengeluaran. Rumput hijau segar atau jerami kering sangat penting karena ketersediaan pakan jenis tersebut sangat mengurangi pengeluaran pada pakan komersial. Keberhasilan pabrik susu sangat tergantung pada peningkatan produksi susu tanpa eskalasi biaya pakan. Pakan rumput adalah pilihan yang baik, selain dari itu pakan alternatif lain adalah budidaya Azolla.

Azolla Sebagai Pakan Ternak Sapi
Azolla Sebagai Pakan Ternak Sapi

Meskipun permintaan untuk susu dan daging telah meningkat di negara-negara seperti India, Indonesia, Srilanka, dll ada juga telah terjadi penurunan substansial dalam produksi pakan ternak karena kawasan hutan dan padang rumput menurun. Ketersediaan pakan ternak dari berbagai tanaman juga menurun terutama disebabkan oleh pengenalan varietas kerdil unggul. Karena itu kekurangan pakan dikompensasi dengan pakan komersial, mengakibatkan peningkatan biaya produksi daging dan susu. Selain itu, sebagai pakan komersial dicampur dengan urea dan penguat susu buatan lainnya, ia memiliki efek yang merugikan pada kualitas susu yang dihasilkan dan umur panjang dari ternak, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit koroner pada manusia.

Azolla Untuk Pakan Bebek

Petani Jepang Dr Takao Furuno telah mengembangkan budidaya padi – bebek – Azolla sebagai biosistem terpadu, sehingga dapat menghilangkan kebutuhan untuk pupuk, herbisida dan pestisida dengan memasukkan bebek ke budidaya padi organik. Pendekatan ini sekarang sedang direplikasi dengan sukses besar di seluruh Asia Tenggara sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan petani, mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan ketahanan pangan .

menjadi pilihan dalam menaikkan keuntungan dalam pembesaran bebek pedaging. Pakan alternatif bebek harus merupakan pakan dengan biaya produksi rendah atau pakan dengan nilai pembelian jauh dibawah harga pakan yang biasa diberikan. Pakan alternatif bebek pedaging juga harus memiliki nilai gizi yang tinggi terutama kandungan protein sebagai kunci dalam memacu pertumbuhan bebek pedaging.

Peternakan Pakan Organik
Peternakan Dengan Pakan Organik

Salah satu pakan alternatif bebek pedaging yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah tanaman air azolla microphylla. Pakan alternatif ini mengandung gizi yang sangat bagus, berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Sementara kandungan karbohidrat dan lemak Azolla sangat rendah. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan alternatif bebek pedaging.

Azolla microphylla merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan dan termasuk tanaman air yang sangat cepat berkembang yakni sekitar 35% dari berat massa setiap hari bisa bertambah dengan kondisi kesuburan air yang bagus.

Untuk memproduksi azolla microphylla sebagai pakan alternatif bebek pedaging dapat dilakukan dengan mengembangkannya di kolam-kolam kosong atau membuat kolam tersendiri dari terpal. Untuk dasar kolam terpal sebagai media sumber nutrisi bagi azolla dapat dibuat campuran tanah dengan pupuk kandang sapi atau kambing dengan ketebalan 10 cm. Kemudian kolam yang telah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang diisi dengan air sampai ketinggian 10 – 20 cm.

Azolla microphylla yang dihasilkan dari kolam ini langsung dapat diberikan sebagai pakan alternatif bebek pedaging. Azolla segar ini sangat disukai bebek. Azolla ini dapat sebagai pakan alternatif bebek pedaging tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis sehingga anda dapat mengurangi pembelian pakan dedak, bekatul, atau pakan pelet lainnya sehingga dengan cara ini anda dapat meningkatkan keuntungan dari hasil pembesaran bebek pedaging.

Azolla Sebagai Pakan Ikan

Azolla merupakan makanan potensial untuk budidaya ikan air tawar karena untuk memenuhi protein dan energi kebutuhan ikan dengan biaya yang murah. Telah digunakan selama berabad-abad di China untuk meningkatkan produksi padi dengan penggabungan nitrogen atmosfer ke dalam air yang digunakan untuk pupuk padi dan sekaligus digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pakan ikan. Penggabungan budidaya padi-Azolla-ikan ini mengakibatkan peningkatan produksi beras sebesar 20% dan produksi ikan sebesar 30 %.

Azolla Pakan Ikan Organik
Azolla Pakan Ikan Organik

Fiogbe telah meneliti penggunaan Azolla sebagai makanan tambahan bagi ikan, karena :
“Di banyak negara berkembang masyarakat kekurangan protein hewani yang cukup. Di Benin, sumber protein utama adalah ikan, namun konsumsi daripadanya sangat rendah (7 kg/tahun) dibandingkan dengan kebutuhan orang dewasa ikan atau daging hewan per tahun (30 kg/tahun)” .

Budidaya ikan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan konsumsi protein hewani tidak hanya di Benin tetapi juga di sebagian besar negara-negara berkembang yang kekurangan protein hewani yang cukup. Namun, dalam sebuah proyek yang dibiayai oleh Uni Eropa 1978-1990, produksi ikan di Benin jatuh terutama disebabkan oleh tingginya biaya pakan.”

Mereka menyelidiki potensi Azolla microphylla untuk menghasilkan pakan ikan dengan biaya rendah, diberikan pada beberapa jenis ikan seperti nila, mas, gurame, dll dengan pemberian Azolla mulai dari nol sampai 45 % dari berat kering Azolla.

Fiogbe menemukan bahwa semua tingkat prosentase pemberian pakan Azolla akan menghasilkan kenaikan berat badan ikan, hal ini menunjukkan bahwa Azolla dapat digunakan dengan produk lokal untuk mempromosikan pembangunan budidaya ikan. Mereka menyimpulkan bahwa diet yang paling murah, yang terdiri dari 45 % Azolla dapat digunakan sebagai pelengkap diet untuk nila yang dibesarkan di kolam.

Azolla Sebagai Pakan Ayam

Peternakan unggas secara tradisional menjadi salah satu usaha yang paling menguntungkan di Bangladesh, India, Indonesia, Vietnam, China, Amerika Serikat dan beberapa negara lain, unggas menyediakan daging dan telur bergizi untuk konsumsi manusia dalam waktu sesingkat mungkin. Namun, industri ini sekarang terancam oleh harga pakan yang semakin mahal. Padahal biaya untuk pakan adalah komponen terbesar (60-65 %) dari total biaya produksi unggas .

Di beberapa negara tadi, Azolla telah lama dikenal sebagai pakan untuk Ayam. Peneliti di India menyimpulkan bahwa Azolla segar bisa menggantikan sekitar 20 % dari pakan komersial dalam pakan untuk ayam muda. Mereka memperkirakan bahwa mengganti pakan komersial akan membutuhkan sekitar 9 kg Azolla segar setiap hari untuk 100 ekor ayam. Jumlah kebutuhan Azolla tersebut dapat diproduksi di kolam dangkal 60 m2 di sekitar lingkungan kita.

Azolla Pakan Ayam Broiler Organik
Azolla Pakan Ayam Broiler Organik

Alcantara & Querubin menemukan bahwa kecernaan protein kasar, lemak kasar, dan serat kasar tidak terpengaruh oleh tingkat Azolla dalam ransum, dan bahwa ayam broiler dapat dengan mudah mencerna serat kasar di Azolla. Peneliti lain yakni Kamalasanana dan Prabu juga menemukan bahwa konstitusi gizi Azolla hampir identik dengan pakan unggas komersial, kecuali bahwa kandungan protein Azolla adalah tinggi dan kandungan kalsium sedikit rendah .

Azolla Sebagai Pakan Ayam Kampung
Azolla Sebagai Pakan Organik Ayam Kampung

Percobaan memberi makan ayam, menunjukkan bahwa 20-25 % dari pakan komersial dapat digantikan oleh melengkapi dengan Azolla segar, dengan penambahan pakan Azolla juga memiliki berbagai manfaat :

Ayam dengan 75% dari pakan biasa yang teratur dan 12,5% dalam bentuk Azolla memiliki berat badan hampir sama dengan ayam dengan 100 % pakan biasa.

Selain itu , ayam yang menerima pakan normal dengan 5% tambahan dalam bentuk Azolla tumbuh lebih cepat daripada ayam dengan 100% pakan biasa dan mengalami peningkatan 10-12% pada total berat badan.

Jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam dan kualitas telur (bagian kuning telur menjadi lebih menonjol dan kekuningan) lebih baik dari pada ayam yang tidak diberi Azolla.

Sumber : pesonaazolla[.]blogspot[.]com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *