Inovasi Azolla Sebagai Pupuk Bio Organik Tanaman Padi

Azolla adalah sejenis pakis air yang hidup di air tawar. Tumbuhan yang unik, merupakan salah satu tanaman yang tumbuh tercepat di bumi ini karena hubungan simbiosis dengan cyanobacterium (alga biru-hijau) yang bernama Anabaena

Anabaena menarik ke bawah nitrogen dari atmosfer yang menyuburkan Azolla, dan Azolla menyediakan rumah diisi nitrogen – untuk Anabaena dalam rongga daunnya. Hal ini memungkinkan tanaman untuk menggandakan biomassa dalam waktu dua hari bebas mengapung di atas air dangkal ( sekitar 2,4 cm ).

Pertumbuhan yang sangat cepat dari Azolla berpotensi penting mengambil karbon dioksida dari gas rumah kaca dan dikonversi langsung menjadi biomassa Azolla itu. Selain itu, Azolla dapat dijadikan pakan ternak lokal , pupuk hayati , makanan dan biofuel dimanapun Azolla tumbuh, sehingga tanaman yang luar biasa ini memiliki potensi untuk membantu kita dalam memperbaiki kelestarian alam – ancaman terkait perubahan iklim buatan manusia dan kekurangan pangan dan lahan bagi penduduk bumi yang mencapai jumlah tujuh miliar manusia.

Pengetahuan yang kita peroleh tentang Azolla adalah karena kegigihan para ilmuwan di seluruh dunia yang telah meluangkan tenaga dan pikiran untuk melakukan menelitian pada Azolla dan kami berterima kasih atas kontribusi mereka terhadap informasi dalam blog ini. Informasi dan gambar yang termuat dalam blog ini banyak kami peroleh dari situs-situs pemerhati Azolla seperti The Azolla Fondation, Azolla BioSystems, dll.

Kami berharap bahwa Anda akan berbagi antusiasme untuk tanaman yang unik dan luar biasa ini dan membantu kita untuk mengembangkan dan menyebarkan pemanfaatan Azolla di lingkungan kita dan bagi umat manusia di planet bumi yang indah ini.

Pertanian padi telah dikembangkan sekitar 10.000 tahun yang lalu di Fertile Crescent Iran dan Palestina, segera setelah perubahan iklim besar menandai akhir dari zaman es terakhir. Budidaya padi juga sudah mulai ada di China dekat Sungai Yangtze lebih 8500 tahun yang lalu di masyarakat yang memiliki peliharaan babi dan kerbau.

Ini adalah pemikiran yang luar biasa bahwa petani di Sungai Yangtze telah menanam padi secara terus menerus, dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi, selama sepuluh ribu tahun para petani ini menanam padi dengan menggunakan Azolla sebagai pupuk hijau.

Azolla adalah tanaman endemik dan tumbuh liar di daerah tersebut, akan secara alami memenuhi permukaan air yang digunakan untuk tumbuh tanaman padi. Bagi petani, adanya Azolla ini akan membuat peningkatan produksi beras. Ini adalah awal para petani menggunakan sistem biologis alami untuk menyuburkan padi, mereka menggunakan kemampuan Azolla untuk penarikan nitrogen dari atmosfer, yang kemudian menjadi biofertilized tanaman padi tumbuh .

Pada tahun 1973, Vietnam telah menerapkan budidaya padi – Azolla di sekitar 500.000 hektar sawah di wilayah Vietnam utara.

Penggunaan Azolla juga diperluas selama periode yang sama di China. Tanaman ini sudah digunakan dalam satu setengah juta hektar produksi beras pada tahun 1962 ketika Pemerintah China menyiapkan serangkaian program untuk meningkatkan potensi Azolla yang digunakan sebagai pupuk padi.

Program-program ini membantu untuk menghilangkan hama serangga dan juga menghasilkan tanaman padi ekstra dengan memperluas jangkauan geografis dan panjang musim tanam. Pada saat yang sama, spesies yang toleran terhadap cuaca dingin, Azolla filiculoides diperkenalkan dari Amerika Serikat, kemajuan besar yang menyebabkan penggunaan Azolla di daerah dingin dari China utara dan China selatan.

Padi Organik dan Bebek Sawah
Padi Organik dan Bebek Sawah

Penggunaan Azolla sebagai pupuk hayati pada budidaya padi sekarang telah tersebar luas di seluruh Timur Jauh, termasuk Bangladesh, Brazil, Burma, China, India, Indonesia, Korea, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Vietnam dan Filipina. Azolla juga semakin banyak digunakan di daerah lain di dunia termasuk Afrika Barat dan di negara Amerika Selatan seperti Ekuador dimana penggunaannya sedang dipromosikan oleh Yayasan Asosiasi Mariano Montaño Armijo ‘Oryazo System’.

Sumber : pesonaazolla[.]blogspot[.]com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *